17 MITOS Tentang DIET

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh… Semangat pagi!!! Saat kita sedang semangat pola makan sehat dan hidup sehat aktif namun banyak info yang kurang tepat sehingga kitapun salah kapan maka alangkah baiknya kita meluangkan waktu dan tenaga untuk belajar sehingga bisa memilih mana informasi yang tepat serta dari sumber yang memang bisa dipertanggungjawabkan. Berikut lebih lengkapnya ya…

MITOS #1 : Diet Paleo menyarankan pola makan seperti manusia gua. Manusia gua sendiri rata-rata usia tidak lebih dari 38thn dan mereka tidak mengkonsumsi daging merah yang kaya akan kalori dari lemak. Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein Anda adalah dgn konsumsi shake yg kaya protein. Kebanyakan aneka buah dan sayuran berwarna yg kita konsumsi hari ini tidak ada pada pola makan jaman dahulu. Alpukat, kentang, tomat dan beragam jenis sayur buah lainnya baru ditemukan pada thn 1500 di Amerika dan Mexico
.
Meskipun sebagian saran dari diet Paleo ini masuk akal seperti saran untuk : mengurangi karbohidrat olahan gula dan minyak olahan, tidak ada sesuatu yg unik dari pola makan ini. Secara keseluruhan konsep yg disampaikan dalam diet paleo ini hanyalah mitos.

Mitos #2. Diet Bebas Karbo
.
Diet ini menyarankan Anda untuk tidak mengkonsumsi semua jenis karbohidrat dan konsumsi lebih banyak lemak dari daging, keju dan telur. Pola makan seperti ini mungkin membuat Anda merasa kenyang namun pola makannya tidak seimbang
.
Tidak semua karbohidrat itu sama. Menghindari konsumsi kue, biskuit, jajanan dan permen memang bagus namun buah dan sayuran adalah karbohidrat baik yg kaya serat, antioxidants dan air. Tidak masalah mengurangi asupan karbohidrat namun yang kurang tepat adalah menghilangkan asupan sayur buah dan menggantinya dgn asupan lemak
.
Sebaiknya usahakan untuk konsumsi tujuh porsi sayur buah tiap hari dan penuhi kebutuhan protein dari protein shake dan daging minim lemak seperti dada ayam, daging putih atau tahu. Kurangi konsumsi karbohidrat olahan dan tambahkan biji-bijian utuh
.
Tidak konsumsi karbohidrat sama sekali tetap akan membuat kita lapar dan pada akhirnya Anda berpeluang naik berat badan lagi karena kelebihan lemak. Diet bebas karbo itu hanyalah mitos dan sama sekali tidak menunjang pola makan yg sehat.

Mitos #3. Diet Berdasarkan Golongan Darah
.
Golongan darah tidak ada hubungannya dengan pola makan. Tipe golongan darah sendiri telah berevolusi sejak puluhan juta tahun lalu namun di tahun 1900 seorang dokter bernama Dr. Landsteiner melakukan penelitian laboratorium dan menemukan bahwa beberapa tipe darah mengalami pembekuan sementara yg lainnya tidak
.
Berikutnya beliau menamakan tipe golongan darah tersebut sebagai A, B dan C (yg kemudian menjadi golongan darah O). Golongan darah AB ditemukan beberapa tahun kemudian shg di tahun 1930 beliau mendapat hadiah Nobel atas sumbangan pengetahuannya yg berkaitan dgn transfusi darah dan semua itu tidak ada hubungannya dgn diet atau pola makan
.
MISAL : menurut ide diet golongan darah ini, jika Anda bergolongan darah O maka tubuh Anda akan lebih efisien merubah karbohidrat menjadi lemak. Ide ini benar-benar sangat tidak tepat. Lalu mengapa ide diet ini sangat populer ?
.
Karena saat ide ini muncul adalah pertamakalinya ada upaya pengaturan pola makan yg dipersonalisasi berdasarkan perbedaan genetik antar individu
.
Saat ini melihat berbedaan golongan darah memang bisa dilakukan dengan menggunakan metode genetika namun hasilnya tidak muncul karena sebenarnya yg paling berpengaruh adalah asupan nutrisi dan metabolisme tubuh
.
Jadi…. Tipe golongan darah sama sekali tidak ada kaitannya dgn pola makan dan penurunan berat badan NAMUN sangat berhubungan erat dengan proses transfusi darah

Mitos #4. Diet Dengan Mengkombinasikan makanan alias FOOD Combining
.
Pola makan ini mengklaim bahwa sejumlah kombinasi makanan tertentu tidak bisa dicerna tubuh. Misal : food combining tidak menyarankan Anda konsumsi karbohidrat dan protein dalam satu menu. Pola seperti ini kurang masuk diakal karena usus manusia mampu mencerna hampir semua jenis makanan dan apabila ada yg tidak tercerna di usus maka 14 triliun bakteri akan menguraikannya di kolon kita
.
Ide bahwa sejumlah makanan tidak bisa dicerna dgn baik saat dikonsumsi bersama-sama telah ada sejak abad pertengahan, dimana saat itu proses pencernaan belum dipahami. Food combining ini seringkali dipadukan dengan pendekatan untuk mengatasi masalah bowel sindrom seperti perut yg selalu terasa penuh
.
Dengam food combining ini bisa membuat bilangnya berbagai jenis makan dari menu harian kita karena takut kurang tepat menyusun kombinasi makanannya. Dan semakin dilakukan dgn tertib beberapa orang turun berat badan sementara dan bowel syndrome nya terasa lebih baik shg makin banyak yg percaya dgn diet seperti ini
.
Yang paling tepat sebenarnya adalah menyusun pola makan kita berdasarkan kebutuhan protein harian yg bisa dipenuhi dari shake Herbalife dan daging rendah lemak atau ikan, buah buatan berwarna warni, membatasi konsumsi karbohidrat olahan dan makanan bergula serta penuhi minimal 25 gram serat harian dari makanan dan suplemen. Selain itu jalan kaki setelah makan dan gaya hidup sehat aktif akan membantu tubuh cerna makanan dgn baik sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir & repot untuk mengkombinasikan makanan.

Mitos #5. Diet Rendah Lemak
.
Terlalu mengurangi lemak akan membuat makanan menjadi tidak berasa. Lemak sendiri membantu menambahkan rasa dan menjaga panas pada makanan saat dimasak. Menurunkan asupan lemak mulai 25-35% kalori itu sangat masuk akal karena lemak punya 9kal/grm sementara karbohidrat dan protein mengandung @ 4kal/grm
.
Mengepa diet rendah lemak justru tidak membantu penurunan berat badan ? Karena setelah lemak dikurangi – makanan menjadi tidak berasa, maka industri makanan kembali menambahkan gula untuk menambahkan rasa pada makanan tersebut
.
Contoh paling terkenal adalah adalah kue snackwell yg bebas lemak namun kandungan kalorinya sama dgn kue biasa
.
Jadi… Saat Anda ingin konsumsi makanan yg bebas lemak maka cek juga total kalori per porsi dan berapa banyak keberadaan gula tambahan
.
Lemak sehat itu terdiri dari minyak zaitun dan minyak alpukat. Karenanya hindari camilan berupa makanan olahan yg kaya lemak tersembunyi seperti chips kentang, kue-kue dan pastri
.
Saat bicara ttg lemak maka kita juga perlu tahu tentang makanan berkabohidrat dgn lemak tersembunyi. Lemak ada yg baik ada yg jahat. Demikian pula karbohidrat ada yg baik dan ada yg jahat. Karbohidrat yg jahat adalah karbohidrat yg mengandung lemak terselubung.

Mitos Diet #6 : Diet Alkali
.
Diet Alkali dan Air tidak mempengaruhi kesehatan maupun penurunan berat badan Anda. Keasaman makanan dan minuman ditentukan oleh pH (singkatan dari Potential Of Hydrogen). Skala pH ini mulai dari 0 sampai 14
.
Mulut termasuk ada dalam kondisi agak asam yaitu dgn pH 6.5. Bagian paling asam dari tubuh kita adalah perut yang keasamannya diaktifkan oleh makanan yaitu dgn pH 3.5 sehingga mempengaruhi pencernaan makanan. Sementara itu pH cairan usus adalah 8 yaitu basa dan membantu menetralkan Keasaman perut sehingga usus kecil bisa melakukan tugasnya. PH darah tetap netral yaitu sekitar 7.4 (7.35 sd 7.45) sepanjang hari, apapun yg Anda makan
.
JIKA Anda memproduksi lebih banyak asam selama olahraga maka tubuh akan segera mengeluarkannya melalui paru-paru. Hal ini terjadi saat selama olahraga Anda mengambil napas dalam dan menghembuskn karbondioksida. Paru-paru adalah alat utama bagaimana darah bisa tetap ber pH netral dan yg selanjutnya adalah ginjal, karena ginjal membuang amonia melalui urin
.
Air murni dgn pH 7 sedangkan air yg disebut air basa telah ditambahi mineral shg pH meningkat menjadi 8 hingga 9. Sementara itu air artesian yg biasanya berasal dari sumur mempunyai pH netral 8. Air-air ini tidak akan mengubah pH darah Anda. Jadi jangan khawatir ttg makanan asam dan basa serta jangan habiskan uang membeli air basa buatan

Mitos Diet #7 : MEDITERRANEAN DIET
.
Diet ini bukanlah hal yang nyata dan tidak akan membantu Anda dengan pengelolaan berat badan. Idenya adalah diet ini dikembangkan berdasarkan makanan yang dimakan di Yunani Kuno. Namun, banyak makanan yang direkomendasikan dalam versi modern diet mediterranean ini tidak pernah tersedia di Yunani Kuno. Ada banyak hal baik tentang diet ini seperti sarannya untuk makan banyak buah dan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Diet ini juga merekomendasikan untuk menggunakan lebih banyak rempah-rempah dan sedikit garam
.
Yang paling terkenal, diet ini merekomendasikan menggunakan minyak zaitun dan bukan mentega. Namun, tanpa saran untuk membatasi jumlah minyak zaitun yang memiliki sekitar 140 kalori per sendok makan maka saran ini bisa menyabotase rencana penurunan berat badan Anda. Banyak orang hanya menambahkan minyak zaitun ke makanan mereka dan menganggapnya sebagai Diet Mediterania
.
Diet ini juga membatasi daging merah dan menyarankan konsumsi unggas dan ikan serta anggur merah sesekali, sehingga banyak penelitian mengenai diet ini yang mengaitkannya dgn peningkatan kesehatan jantung. Namun, sama sekali tidak ada bukti bahwa diet ini membantu menurunkan berat badan. Tidak ada saran untuk meningkatkan asupan protein nabati seperti kedelai atau protein yang cukup untuk mengendalikan rasa lapar atau membangun otot
.
Jadi, Anda bisa saja mengikuti pola makan ini yang kedengarannya bagus sambil bersantai di laut, tapi Anda tidak akan bisa menurunkan berat badan KECUALI jika Anda menambahkan asupan protein shake dalam rencana tersebut dan disertai dgn latihan aerobik dan ketahanan
.
Jadi meskipun diet ini memiliki banyak ide dan saran yang bagus saat namun saat menyangkut pengelolaan berat badan semua itu hanya mitos !

Mitos Diet #8 : RAW FOOD DIETS
.
Diet ini menyarankan kita untuk memilih makanan mentah dan tidak diproses dgn pemanasan sampai lebih dari 118 derajat Fahrenheit atau 45 derajat celcius baik itu buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Bahkan sebagian juga makan telur mentah, susu yang tidak dipasteurisasi, daging mentah, dan ikan mentah
.
Sebenarnya dengan memasak beberapa sayuran seperti bayam, tomat, dan wortel membuat fitonutrien yang dikandungnya seperti lutein, lycopene, dan beta karoten menjadi lebih banyak tersedia untuk tubuh. Ada risiko kesehatan memakan telur mentah termasuk penipisan vitamin B, biotin, oleh protein yang disebut avidin dalam telur mentah dan peningkatan risiko infeksi salmonella. Sementara itu konsumsi Ikan mentah dan daging mentah dapat menyebabkan infeksi parasit seperti cacing pita. Selain itu konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi dapat menyebabkan tuberkulosis usus
.
Situs masak di laut ditemukan di Afrika Selatan yang berumur lebih dari 250.000 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa kita sudah memasak makanan untuk waktu yang lama dan tidak ada alasan untuk berhenti sekarang. Meskipun tidak ada bukti diet ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan, Anda cenderung makan lebih sedikit makanan jika semuanya mentah !!

Mitos Diet #9 : Diet Pembersihan dgn Jus
.
Diet pembersih dgn jus tidak akan berhasil untuk menurunkan berat badan karena kurang protein. Buah dan sayuran berwarna-warni memiliki antara 50 dan 70 kalori per 100 gram porsi, tapi jus mengkonsentrasikan gula dan menghilangkan serat sehingga segelas jus jeruk memiliki 240 kalori
.
Dengan minum jus sepanjang hari Anda menggunakan gula untuk mengendalikan kelaparan. Kalori sepanjang hari dari pola makan ini memang sangat rendah, dan terkadang diet ini disebut fasts jus atau bahkan diet Hollywood karena beberapa aktor menggunakannya untuk menurunkan berat badan *sementara*
.
Masalahnya adalah berat badan Anda yg hilang tersebut sebenarnya adalah separuh dari protein dan otot tubuh Anda dan separuh dari lemak tubuh, hal ini karena diet ini tidak memenuhi protein yang Anda butuhkan untuk mempertahankan otot Anda
.
Gula dalam jus akan meningkatkan lemak. Jus buah sendiri memiliki antioksidan Fitonutrien dan memberi makan bakteri sehat di usus Anda seperti yang ditunjukkan dalam penelitian terbaru tentang puasa dgn jus di UCLA Center for Human Nutrition
.
Solusi untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan manfaat antioksidan dan mikrobia dari jus adalah sangat sederhana. Cukup tambahkan jus ke protein shake dua kali sehari yg disertai pola makan nutrisi seimbang dan hidup aktif yang sehat!

Mitos Diet #10 : Diet dgn Sup
.
Diet ini tidak bekerja untuk menurunkan berat badan tapi terdengar sangat menarik. Versi pertama dan paling terkenal dari makanan ini adalah The Cabbage Soup yaitu Diet dimana Anda konsumsi sup tiga kali sehari. Idenya adalah bahwa sup akan membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda akan makan lebih sedikit kalori. Sama seperti pada Diet Juice, dgn cara ini Anda hanya akan menurunkan berat badan sementara dari otot dan lemak. Anda juga akan kehilangan air dan garam yang beratnya 1 kilogram atau sekitar 2 pound per liter
.
Hilangnya air menyumbangkan sebagian dari penurunan berat badan jangka pendek yang terjadi pada minggu pertama pada Diet dgn cara ini. Tentu saja, Anda berat badan anda akan kembali lagi saat Anda kembali makan
.
Tambahkan dua sendok bubuk protein ke sup Anda dan Anda akan mendapatkan sup yang lebih mengenyangkan serta membantu Anda memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Makan sup memang nikmat namun seharusnya sup hanyalah bagian (bukan yg utama) dari pola makan gizi seimbang dan program pengelolaan berat badan yg disertai dgn gaya hidup aktif yang sehat

Mitos Diet #11 : Diet dgn Jeruk Bali
.
Diet ini adalah diet yg dimaksudkan untuk menurunkan berat badan dgn cepat seperti diet-diet sebelumnya. Cara ini adalah diet rendah kalori dan rendah karbohidrat dengan fitur tambahan yaitu : Anda makan jeruk tiga kali sehari dan protein yg terpisah dari karbohidrat setidaknya setiap empat jam
.
Diet ini didasarkan pada gagasan yg salah bahwa jeruk bali memiliki protein yang bisa memecah lemak. Seperti diet cepat menurunkan berat badan lainnya, jika menggunakan cara ini maka Anda akan kehilangan otot dan lemak dan kemudian mendapatkan kembali berat badan saat kembali ke kebiasaan makan Anda yang biasa
.
Jeruk Bali memiliki vitamin C dan antioksidan yang disebut flavonoid. Jeruk Balu dan khususnya jus jeruk mempengaruhi metabolisme normal obat statin yang biasa digunakan untuk menurunkan kolesterol. Sekitar 10 sampai 20% orang yang memakai obat ini mengalami nyeri otot. Efek samping ini bisa berakibat dari tingginya kadar obat dalam darah. Dokter menyarankan agar orang yang memakai statin menghindari jeruk bali sepenuhnya
.
Sebenarnya, Anda harus minum jus jeruk bali selama tiga hari untuk melihat efek ini. Jadi kecuali Anda menggunakan obat penurun kolesterol, nikmati makan jeruk bali, tapi jangan mengandalkannya untuk menurunkan berat badan

Mitos Diet #12 : Diet Kelapa
.
Diet kelapa tidak akan menunjang penurunan berat badan anda. Ide awal dari diet ini adalah karena kelapa memiliki minyak dgn lemak yg lebih dari separo nya berkarbon 8 sampai 12. Lemak lemak ini lebih mudah menyimpan energi di dalam sel tubuh daripada minyak jagung yg mengandung asam lemak berkarbon 16 atau lebih
.
Sehingga harapannya jika dibandingkan dgn lemak lainnya maka lemak minyak kelapa akan lebih banyak membakar lemak daripada menyimpannya. Beberapa penelitian yg dilakukan belum bisa membuktikan hal tsb kecuali sebuah penelitian di Brazil yg dilakukan untuk membandingkan minyak kelapa dan minyak jagung. Namun lemak jenuh tidak akan bisa terserap dgn baik sehingga minyak kelapa dan minyak jagung tidak sepadan untuk dijadikan sbg perbandingan
.
Lemak jenuh menunjang terjadinya atherosclerosis dan pada penelitian lebih lanjut pada tikus Dr. David Kritchevsky menemukan bahwa minyak kelapa adalah penyebab utama peradangan dan menunjang pertumbuhan plak pada hewan uji
.
Organisasi Jantung Amerika, FDA, WHO dan Depkes Amerika merekomendasikan untuk tidak menggunakan minyak kelapa karena dapat meningkatkan resiko gangguan kesehatan jantung
.
Anda masih dapat menikmati kelapa segar karena mengandung hanya 10% lemak dan 280 kalori/cup. Konsumsi kelapa tidak akan membuat Anda turun BB namun airnya bisa dikonsumsi dan segar

Mitos Diet #13 : Diet Telur
.
Diet dgn cara ini tidak akan berhasil menurunkan berat badan. Telur adalah makanan yang baik dan makan telur sebagai bagian dari diet seimbang tidak akan meningkatkan kolesterol Anda. Di sisi lain, memakan telur saja dengan sendirinya akan membuat Anda lapar. Satu telur hanya memiliki 6 gram protein dari putih telur yang merupakan protein yang sangat baik. Kuning telur memiliki lutein, yang membuatnya kuning dan phytonutrisi yang sama ditemukan pada bayam dan alpukat dimana warnanya hijau
.
Kuning telur memiliki lemak dan jenis lemak tergantung pada apa yang dimakan ayam. Ada telur kaya omega-3 yang berasal dari ayam yang diberi makan omega-3 dalam makanan mereka. Telur rebus dengan kuning yang diangkat maka akan bebas lemak. Anda bisa konsumsi 3 sampai 4 putih telur untuk protein dan satu butir kuning telur secukupnya sebagai satu makanan protein tinggi namun gagasan bahwa memakan telur sepanjang hari akan membantu menurunkan berat badan Anda itu adalah salah
.
Konsumsilah diet seimbang, protein shake, dan olahraga setiap hari sebagai bagian dari gaya hidup aktif yang sehat untuk pengelolaan berat badan yang sukses. Jadi… Tidak ada yang ajaib tentang telur yg bisa menurunkan berat badan !

Mitos Diet #14 : Diet Minyak Oega-7
.
Minyak buckthorn laut atau minyak Omega-7 tidak menyebabkan penurunan berat badan. Tumbuhan ini sebagian besar tumbuh di Mongolia, Rusia dan China di atas semak-semak dan tidak di laut, memiliki asam lemak pada daging buah yang disebut asam palmitoleic. Ini adalah asam lemak omega-7 yang memiliki 16 karbon dan satu ikatan rangkap
.
Tanaman ini bukan sesuatu yang ajaib hanya struktur kimianya yang berbeda dari omega-3 dalam minyak ikan, omega-6 pada banyak minyak nabati, dan omega-9 dalam minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan. Minyak buah tanaman ini adalah sumber terkaya namun kacang Macadamia juga memiliki asam lemak ini. Karena buahnya berwarna oranye, ia juga memiliki beberapa beta karoten dan memiliki beberapa vitamin E. Buah-buahan di semua kelompok warna memiliki banyak senyawa, tidak hanya satu. Minyak biji buckthorn laut juga dijual tapi hanya memiliki omega-3,6, dan 9 asam lemak
.
Uji coba pada tikus dengan diet tinggi lemak, ekstrak buah ini termasuk minyak yang menghambat berat badan seperti halnya banyak ekstrak buah lain. Saat diuji pada manusia, tidak ada penurunan berat badan yang signifikan. Sebuah penurunan kecil di lingkar pinggang dicatat dan bilberry terkenal karena pengaruhnya terhadap kemungkinan penglihatan pada pilot pesawat tempur pada Perang Dunia. Pelajarannya di sini adalah: jangan membeli sesuatu untuk menurunkan berat badan hanya karena Anda belum pernah mendengarnya sebelumnya. Ada sesuatu yang terbukti berhasil – Protein Rich Shakes, Gaya Hidup Sehat, dan Nutrisi Seimbang !!

Mitos Diet #15 : Diet Berdasarkan Bulan
.
Diet bulan ini adalah diet gila dimana Anda berpuasa dengan benar saat ada bulan purnama. Kemudian saat bulan melewati fasenya selama bulan berjalan, Anda meningkatkan asupan makanan Anda secara bertahap dan penurunannya lagi saat mulai mendekati bulan baru. Diet ini tidak memiliki prinsip gizi selain membatasi kalori. Anda harus mengikuti kalender atau pergi keluar pada malam hari untuk memeriksa fase bulan

Mitos Diet #16 : Diet Cuka Sari Apel
.
Cuka sari apel dalah obat pencernaan yang populer namun tidak menyebabkan penurunan berat badan. Cuka ini memiliki asam asetat yang dapat menyebabkan mulas sehingga jika ingin menurunkan berat badan, disarankan agar Anda mengambil dua sendok teh setiap kali makan. Tentu saja, jika Anda meminum segelas air sebelum makan maka untuk bisa menurunkan berat badan hanya dengan mengatur makan Anda, tapi cuka sari apel tidak menyebabkan penurunan berat badan
.
Studi di Arizona State University menunjukkan bahwa pada orang yang berisiko terkena diabetes (disebut pra-diabetes karena memiliki gula darah tinggi), asetat mengurangi kenaikan gula darah setelah makan tepung-tepung an. Ini Tidak terjadi pada orang normal dengan cadangan insulin yang baik atau pada penderita diabetes yang memiliki insulin rendah. Untuk bisa melihat efek cuka ini maka Anda perlu berada pada kondisi pra-diabetes dimana saat iti insulin dan glukosa tinggi serta glukosa darah merespons penyerapan gula dari usus. Ternyata asam asetat yang ditemukan di cuka sari apel menghambat enzim yang memecah pati yang disebut beta-glukosidase. Cuka rasanya enak dengan timun, tapi jangan mengandalkannya untuk menurunkan berat badan

Mitos Diet #17 : Diet KETO
.
DIET KETO Tidak Bekerja !! Disebut juga diet Ketogenic, itu tergantung pada asam lemak yang dilepaskan dari lemak untuk membentuk keton di hati. Keton ini adalah sumber energi utama selama kelaparan, namun kerja nya terbatas hanya 100 gram karbohidrat per hari. Dalam diet ini, Anda hanya mengonsumsi 5% karbohidrat dan 75% lemak dengan hanya 20% protein
.
Idenya adalah keton mengendalikan kelaparan, tapi itu tidak benar. Anda makan protein tinggi lemak seperti bacon bersama mentega dan mayones. Diet ini telah terbukti memiliki beberapa efek pada epilepsi namun ini tidak benar untuk semua pasien dengan kondisi ini. Orang yang diet dapat memeriksa urine mereka dengan dipstick yang dirancang untuk diabetes yang mengukur keton. Selama berubah menjadi biru, itu berarti para pelaku diet ini belum melanggar aturan diet
.
Pemantauan diri ini dapat membantu beberapa orang tetap diet, namun diet ini memiliki terlalu sedikit protein dan akan memberi nafas bau buah karena keton keluar dari tubuh dalam napas dan juga urin
.
Ada cara yang lebih baik untuk mengelola pola makan dan lemak Anda. Protein shake, nutrisi seimbang, dan gaya hidup aktif yang sehat dengan olahraga sehari-hari adalah cara sehat untuk menurunkan lemak tubuh berlebih dan menjaganya tetap untuk tubuh yang Anda inginkan
.
Sumber : Dr. DAVID HEBER
Info lengkap kunjungi http://www.drdavidheber.com
.
Naah… Itulah ketujuhbelas mitos yang selama ini sangat populer dan sering membuat kita salah kaprah menerapkannya dalam pola makan harian kita. Semoga bermanfaat ya…
.
Share jika Anda merasa info ini bermanfaat
.
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s