Bagaimana Merancang Pola Makan Sehat [ Bag.1]

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh…

Merancang pola makan sehat itu ibaratnya seperti membangun rumah. Kita mulai dgn landasan kuat, struktur saling mendukung, lalu menambahkan hal yang sesuai dgn kebutuhan pribadi kita sbg sentuhan akhir. Sehingga pola makan yg kita jalani sesuai dgn kebutuhan & kemampuan diri kita


Saat membangun rumah mulai dari awal, kita mulai dgn merancang budget. Kita perlu tahu berapa biaya yg dibutuhkan untuk membangun, hingga berapa lama rumah tersebut selesai dibangun. Hal yg sama saat kita merancang pola makan sehat . Hal pertama kita perlu tahu berapa banyak kalori yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Kalori yg dibutuhkan setiap individu berbeda, ditentukan dari komposisi tubuh & aktivitas harian. Kita tidak dapat merencanakan apa yg harus dimakan dalam susunan menu tanpa mengetahui gambaran berapa kalori yg dibutuhkan setiap hari untuk mendukung target yg telah ditetapkan. Baik itu target menurunkan berat badan, meningkatkan berat badan, atau pun menjaga berat badan
.
Lalu, seperti halnya rumah, pola makan sehat juga butuh fondasi kuat. Idealnya, inti dari pola makan sehat kita harus terdiri dari protein, karbohidrat sehat (dari sayur, buah, biji-bijian, dan serealia utuh), dan lemak sehat
.
Kebanyakan orang sehat memiliki acuan pola makan harian sama, bahkan mereka juga menggunakan β€˜bahan mentah’ untuk menyusun struktur pola makan. Selanjutnya adalah membuat pemisah, seperti rumah yg memiliki ruangan berbeda namun tetap diperhitungkan karena mendukung struktur rumah. Sehingga saat merancang pola makan sehat, kita perlu melakukan hal serupa. Target kita adalah memisahkan antara kalori dari makanan sumber protein, karbohidrat, dan lemak sesuai dengan kebutuhan
.
Kebanyakan kasus yang terjadi, lebih dari separo kalori berasal dari karbohidrat. Setengahnya lagi atau bahkan kurang dari setengah, dibagi antara protein & lemak. Protein, karbohidrat, lemak yg kita makan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, serta mendukung struktur pola makan kita agar lebih seimbang, seperti pd dinding rumah (bersambung)
.
Sudah tahu berapa kebutuhan kalori harian Anda?
.
Sedang mencari 10org yg ingin LANGSING saat lebaran. WA saya di πŸ“ž081332740453

.

Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarokatuh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s