Bagaimana Saya Minum Air Setiap Harinya

 

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh,

Banyak yang telah menyadari bahwa air itu sangat penting bagi tubuh kita namun belum bisa juga memenuhi kebutuhan cairan harian yang diperlukan tubuh. Alasan yang sering saya dengan antara lain adalah karena tidak sempat, tidak haus dan takut pipis. Dalam tulisan ini saya akan menceritakan apa yang saya lakukan supaya bisa menyukai minum air putih dan minum minumal 3 liter setiap hari.

Sebelum saya bercerita lebih banyak tentu Anda sudah pernah tahu bahwa umumnya minum air putih yang disarankan minimal 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Dan saking pentingnya manfaat air putih ini jika tubuh tidak mendapatkannya dalam jangka panjang bisa mempengaruhi kelancaran bekerjanya fungsi tubuh sehingga bisa berakibat terganggunya kesehatan. Mengapa demikian  ? Karena sebagian besar tubuh kita ini terdiri dari cairan yang setiap saat terbuang misalnya lewat keringat dan pipis serta karena itu cairan yang terbuah tersebut harus segera digantikan dengan yang baru. Cairan pengganti memang tidak harus dari air putih, bisa juga dari sayur dan buah. Namun buat saya yang paling mudah menghitungnya adalah dengan minum air putih hehehe …

Duluuuu…sayapun tidak suka minum apalagi minum air putih. Kalau sudah merasa sangat haus baru minum, jika belum ya tidak minum pun tidak apa-apa. Sehingga pertama kali kenal dengan konsep pentingnya minum air berbagai tantangan pun saya hadapi. Mulai dari yang bolak-balik ke toilet tiap 5 – 10 menit, perasaan kenyang dan perut besar karena air hingga bosan minum karena nggak ada rasa.

Alhamdulillah setelah beberapa saat akhirnya terbiasa dengan kebiasaan baru ini dan cara saya membiasakan diri adalah dengan minum air dari botol atau gelas yang terukur serta di waktu-waktu tertentu. Mengapa menggunakan botol atau gelas yang terukur  ? Jawabnya adalah supaya saya tahu dan bisa mengontrol sudah berapa banyak air yang saya minum dan berapa banyak lagi yang harus saya minum supaya mencapai target minimal bisa minum 3 liter tiap hari. Botol yang saya gunakan biasanya berukuran 1 atau 2 liter sedangkan gelas yang saya gunakan biasanya gelas 500 cc.

Nah…kalau sudah terukur maka tinggal kapan minum airnya. Kalau saya paling sering minum air di waktu-waktu ini :

  1. Bangun tidur
  2. Saat beresin rumah dan masak pagi
  3. Setelah sarapan sehat Herbalife
  4. Selama olahraga
  5. Setelah olahraga
  6. Setelah ngemil sehat pagi
  7. Setelah makan siang
  8. Sambil momong anak
  9. Setelah ngemil sehat sore
  10. Setelah makan malam
  11. Selama santai sore bersama keluarga
  12. Sebelum tidur

Jika minum dari botol minum target saya sebelum jam 12 siang minimal sudah menyelesaikan 2 liter-an air. Karena selain aktifitas pagi yang padat juga cuaca biasanya lebih panas mulai pagi hingga siang. Nah ..mulai siang hingga malam berarti tinggal menyelesaikan 1 liter lagi. Kalau olahraganya sore maka minum air di sore hari biasanya lebih banyak. Namun setelah maqrib saya mulai mengurangi minum supaya tidak menganggu jam dan ritme tidur malam dengan sering ke toilet. Oh ya, minum air putih ini bertahap – sekali minum sekitar beberapa teguk bukan langsung digelontor 1 atau 2 liter langsung lho ya. CATATAN :  [ duluuuu..pertama kali belajar minum air putih saat tidur malam bisa ada break pipis berkali-kali hihihihi…]

Kadang saya yang tinggal di Malang dengan hawa super sejuk juga tidak merasa haus. Namun kalau mengingat kembali apa manfaatnya minum air putih bagi kebugaran dan kesehatan tubuh biasanya langsung super semangat kembali minum airnya. Mungkin teman-teman juga bisa menyoba pengalaman saya ini….Jadi saat malas minum apapun itu alasannya coba diingat apa saja manfaat yang bisa teman-teman dapatkan. Semoga akhirnya bisa kembali semangat dan kita semua dimampukan istiqomah hidup sehat aktif ya  ? Aaamiin…

Belum daftar TANTANGAN 21 SEHAT AKTIF  ? Ayoooo buruan daftar sekarang dengan kirim WA ke 081332740453 atau Email fitmomrina@gmail.com atau cek info lengkap dengan KLIK DISINI

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh

Leave a Reply

