Bagaimana Saya Mengelola Berat Badan & Kebugaran Setelah Melahirkan

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh…

Kehamilan, melahirkan dan menyusui adalah momen yg sangat indah dan spesial. Sebelum mengalaminya sendiri yg ada dalam bayangan saya adalah : wanita selama hamil pasti naik berat badan, setelah melahirkan pasti gemuk, selama menyusui harus banyak makan supaya ASI lancar dan mitos mitos lain yg ternyata tidak sepenuhnya tepat.

Alhamdulillah sangat bersyukur saya mengalami dua kali kehamilan dan dari keduanya tersebut memberikan pengalaman yang berbeda. Namun dari keduanya saya dapat menyimpulkan bahwa : Kebugaran Tubuh itu sangat penting untuk dimiliki baik sebelum, selama kehamilan maupun setelah melahirkan.

Pada tulisan ini saya akan fokus tentang Bagaimana Saya Mengelola Berat Badan dan Kebugaran SETELAH Melahirkan. Ada 3 hal utama yg saya lakukan yaitu :

  1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Seimbang dgn Optimal. Jika ingin menurunkan berat badan setelah melahirkan maka kalori yg masuk harusnya lebih sedikit dari kalori yg kita keluarkan. Namun tentunya juga perlu memperhatikan bahwa selama menyusui maka setidaknya kita memerlukan tambahan 500 Kalori tiap hari karena kita makan untuk dua orang yaitu kita sendiri dan bayi. Selain kecukupan kalori yg perlu diperhatikan juga adalah kelengkapan & keseimbangan gizi yg kita konsumsi. Hanya makan lebih banyak saja belum menjamin nutrisi seimbang tubuh terpenuhi. Sangat bersyukur dgn pola makan Herbalife hal ini menjadi sangat sederhana dan menyenangkan. Saya tetap makan sehat porsi cukup 2x, ngemil sehat 2x dan minum Herbalife 2x sehingga dalam sehari makan tiap 3 sd 4 jam. Akhirnya rasa lapar dan hasrat ngemil bisa tersalurkan dgn baik dan kebutuhan nutrisi harian terpenuhi
  2. Aktif Bergerak. Dari yg saya ketahui setelah melahirkan memang tubuh kita perlu waktu untuk benar-benar bisa digunakan berolahraga seperti biasanya waktu masing-masing orang bervariasi namun biasanya bisa olahraga minimal 2bln an setelah melahirkan. Dan karena saya juga melahirkan dengan SC maka gerakan yg dipilihpun hendaknya benar-benar nyaman dan aman. Karena itu setelah melahirkan saya juga tidak langsung berolahraga hanya berusaha lebih aktif. Misalnya : pagi & sore hari sambil gendong dan momong bayi saya ajak jalan-jalan keliling rumah atau halaman minimal 1 jam. Jika tidak gendong biasanya daya mendorong trolley selama minimal @1 jam pagi & sore. Baru pada minggu kedua saya dgn referensi dari internet saya mulai pelvic floor exercises, yaitu latihan melantai untuk tubuh bagian bawah. Gerakannya sederhana banget, seperti pengolahan namun saat dilakukan dgn tepat bisa membuat gobyos juga. Di bulan kedua setelah melahirkan saya baru mulai berani squat, lunges dkk serta terus meningkat hingga ke high impact. Alhamdulillah selama olahraga jika disertai dengan persiapan yg tepat dan gerakan yg benar maka jahitan pasca SC pun aman dan tetap nyaman dipakai berolahraga. Hingga sekarangpun saya olahraga hanya 30 sd 45 mnt an di rumah, tidak menggunakan alat-alat khusus hanya menggunakan beban badan atau kadang sambil gendong anak dan dilakukan sambil nyambi momong, masak maupun aktifitas rumah tangga lainnya. Kuncinya adalah membuat waktu
  3. Berpikir Positif. Karena banyaknya mitos yg bertebaran seringkali konsentrasi membangun hidup sehat aktif terganggu. Demikian juga saat melihat teman atau orang lain mendapatkan hasil yg sepertinya lebih cepat atau lebih baik maka merasa seakan kurang usahanya. Maka sangatlah penting untuk terus positif, fokus dgn tujuan dan saya memutuskan untuk membangun hidup sehat aktif yg berkelanjutan sehingga tujuan utama bukanlah berat badan ideal. Tujuan utama adalah bagaimana hidup sehat aktif ini bisa konsisten terus dilakukan dan kebugaran tubuh terus menerus meningkat. Dan perbandingannya bukan dgn orang lain namun dgn diri saya yg kemarin atau yg sebelumnya. Jika masih belum tahu mengapa ingin sehat aktif maka harus segera dicari tahu karena dgn mengetahuinya In Syaa Allah kita akan terus menerus semangat dan positif berjuang mewujudkan kebugaran yg lebih baik.

Jadi… Tidak semua mitos – mitos yang selama ini beredar dan dipercayai seputar kebugaran setelah melahirkan itu tepat. Kita juga perlu teliti, menggali informasi yg benar dari sumber-sumber yg memang bisa dipertanggungjawabkan dan memang benar-benar teruji secara ilmiah.

Semoga cerita saya ini bisa bermanfaat. Jika teman-teman serius dan semangat ingin dibantu memperbaiki pola makan sehat yg berkelanjutan terutama dgn menggunakan Nutrisi Herbalife, jangan sungkan untuk bertanya atau komen. In Syaa Allah saya siap menjadi konsultan kebugaran Anda dan mendapingi Anda untuk mewujudkan kebugaran yg lebih baik.

Waalaikumsalam warrahmatullahi wabarokatuh…

Leave a Reply

