Membangun Massa Otot : Olahraga Bersama Bayi Atau Balita

temp_regrann_1486766127746

Assalamualaikum …

Mulai minggu lalu mau mengetik apa yg ada di pemikiran tak kunjung sempat karena Abyoso saat melihat bunda buka laptop langsung semangat pengen ikutan. Bismillah hari ini dimampukan menuangkan pengalaman olah raga yg sederhana ,penuh kegembiraan dan hasilnya josss…

Selama ini saya sudah berbagi berbagai olahraga yang saya lakukan di sosmed namun di tulisan ini saya khususkan olahraga yg bisa dilakukan bersama bayi atau balita. Mengapa  ? karena sayapun mengalami saat mau olahraga bayi atau anak nggak bisa ditinggal, mintanya gendong sementara kalau dituruti terus maka kesempatan atau waktu yg sudah disediakan untuk olehraga akan terkalahkan oleh keperluan lain.

Di tulisan ini saya berikan contoh 4 kegiatan yg paling sering saya lakukan 1 hari hingga 2 bulan an setelah melahirkan. Perlu dicatat bahwa kondisi tiap orang berbeda maka saya sarankan Anda mengkonsultasikan dengan dokter pribadi Anda kapan waktu dan apa olah raga yg bisa dilakukan dengan aman setelah melahirkan

Kita mulai ya …

  1. JALAN KAKI SAMBIL GENDONG BAYI. Setelah 2 hari boleh pulang kerumah saya memutuskan mulai aktif bergerak, supaya melemaskan otot-otot badan yg pegel karena banyak tiduran dan supaya jahitan SC di perut terasa makin nyaman. Saya memutuskan sering jalan kaki sambil gendong Abyoso yg saat itu beratnya 3.27Kg selama minimal 1 jam di pagi hari dan 1 jam di sore hari. Meskipun CUMA jalan kaki, kalau disertai gendong bayi ya lumayan bikin gobyos apalagi pagi sore. Saat itu gendongnya pakai jarik, jadi pegelnya di salah satu pundak aja. Namun kalau sore hari biasanya Abyoso saya letakkan di trolley dan saya dorong keliling rumah atau halaman rumah minimal 1 jam
  1. SQUAT. Setelah kontrol dokter dan dinyatakan jahitan menutup dengan manis dan aman saya mulai lebih berani olahraga. Selain pelvic floor exercise yang tutorialnya saya download di YT saya mulai melakukan Squat. Supaya hemat waktu dan hasilnya optimal plus anak tetap terperhatikan maka melakukan squat sambil gendong bayi. Wowww..gerakan squat ini top banget untuk bokong, paha dan inti perut. Kita ibu hamil sangat penting merawat inti perut sehingga perut yang melar karena hamil atau kegemukan bisa singset. Awalnya saya lakukan sekuatnya, kalo pada sudah terasa panas sekali dan seperti nggak kuat berdiri maka gerakan saya cukupkan. Namun dengan rutin dilakukan lama-kelamaan bisa lebih baik. Pose squat yg baik adalah saat dalam posisi seperti duduk di kursi, usahakan dengkul maksimal sejajar atau tidak melebihi jempol kaki serta ketinggian pantat lebih rendah daripada ketinggian dengkul. Namun jika belum terbiasa lakukan saja sebisanya. Hasil terbaik jika disertai dengan mengelola pernapasan yg benar dan teratur.
  1. LUNGES. Gerakan yang juga sangat sederhana namun sangat terasa khususnya untuk latihan keseimbangan, inti perut dan otot-otot di paha depan. Ada berbagai macam variasi lunges saya mulai dengan yang paling dasar, yang paling sederhana dan yang paling bisa saya lakukan. Mulai dengan melakukan sebisanya dan makin hari makin lebih baik alias makin kuat. Hasil terbaik jika disertai dengan mengelola pernapasan yg benar dan teratur
  1. ANGKAT TUMIT. Gerakan yang terakhir ini biasanya selain digunakan untuk mengisi kebosanan gendong bayi, juga saya gunakan saat masak atau sikat gigi di kamar mandi. Jadi ceritanya nyambi..daripada hanya berdiri saja lebih baik berdiri sambil melakukan sesuatu yang seperti ini hehehe…Memang terlihat sepele namun sangat baik sekali untuk keseimbangan dan membangun otot kaki bagian bawah. Kalau baru pertama kali melakukan dijamin akan merasakan efeknya di otot-otot kaki bagian bawah. Mulai dengan melakukan sebisanya dan makin hari makin lebih baik alias makin kuat maka set nya bisa ditambah

Jadi …itulah 4 aktifitas yang sangat membantu saya lebih aktif setelah melahirkan dan meskipun hingga saat ini jika waktu mepet  minimal saya melakukan squat dan lunges sebanyak mungkin. Selain itu saya imbangi pula dengan pola makan sehat. Sehingga 80% pola makan sehat dan 20% olahraga di bulan pertama turun 9 kg dan total turun 18 kg. Namun yang lebih penting lagi adalah saya merasa lebih berstamina, lebih segar dan lebih kuat

Yang paling penting BUAT WAKTU untuk olahraga. Saat Anda menundanya apapun itu alasannya bisa menghambat tercapaiknya kesehatan dan kebugaran tubuh yg Anda inginkan

*****Disclaimer : Kondisi tiap orang bervariasi. Anda yg paling tahu dan bisa merasakan kondisi tubuh Anda. Konsultasikan dengan dokter pribadi Anda sebelum memulai olah raga. JIka saat melakukan gerakan ada ketidak nyamanan segera hentikan dan evaluasi apakah Anda melakukan gerakannya sudah tepat atau memang ada cedera  ? konsultasikan kembali dengan dokter pribadi atau konsultan kebugaran Anda

Demikian semoga bermanfaat yaaa…

Wassalamualaikum…

Rina Indrasari |@fitmomrina

Ingin Sehat Bugar Langsing dan Kuat  ? Bergabunglah dengan TANTANGAN 21 Hari WA +6281332740454 dan mari bersama kita susun program terbaik yang sesuai untuk Anda

 

Leave a Reply

