RESOLUSI TAHUN BARU

10 TIPS UNTUK MEMBANTU ANDA KONSISTEN MENJALANINYA

Tema bulan ini adalah ‘seimbang’. Menemukan keseimbangan sebagai bagian dari perencanaan pola makan Anda adalah hal penting dalam menetapkan resolusi tahun baru. Kebanyakan dari kita melewatkannya setiap tahun, berjanji pada diri sini bahwa ‘inilah saatnya’ untuk mulai menerapkan pola makan yang lebih baik, menurunkan berat badan, atau ingin memiliki tubuh lebih berisi. Kita cenderung semangat diawal namun perlahan kebiasaan lama kembali hadir.

Masalahnya, sebagian dari kita menerapkan resolusi tahun baru seperti pelari sprint yang cepat namun tidak dapat bertahan lama, akan seperti marathon yang berkelanjutan. Jika Anda berharap resolusi tahun baru tetap dapat dijalani, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda.

Tergantung Pada Perilaku Yang Ingin Diubah.
Dari pada mengubah perilaku buruk, lebih baik menggantinya dengan menerapkan kebiasaan yang lebih sehat dan mencerminkan kebiasaan Anda saat ini. Lalu, luangkan waktu untuk memahami kebiasaan Anda, seberapa sering hal tersebut terjadi, atau hal apa yang sering menjadi pemicu terjadinya. Tak lupa memahami juga perubahan perilaku yang masih bisa dikontrol oleh Anda.

Buatlah Resolusi Yang Masuk Akal
Langkah pertama untuk merancang resolusi adalah buat rencana yang masuk akal. Pastikan tujuan Anda sesuai realita dan dapat diraih. Mulai dengan tujuan yang sederhana, sehingga kapan pun Anda dapat menambahkan tujuan ditengah berjalannya waktu. Sehingga tantangan yang dijalani perlahan meningkat. Lebih baik seperti ini daripada membuat tujuan yang banyak tapi tidak sesuai realita dan selanjutnya menyerah.

Buat Resolusi Yang Spesifik
Saat Anda menuliskan resolusi dalam sebuah kalimat, buatlah yang spesifik dan dapat diukur sehingga Anda dapat mengontrol perkembangannya. Kalimat berikut memang terdengar baik “lebih sedikit makan lemak” namun masih banyak biasnya. Akan lebih baik bila tujuan dapat diukur seperti “mengurangi konsumsi lemak hingga 40 gram sehari.”

Prioritaskan Resolusi Anda
Jika daftar resolusi Anda cukup panjang, mungkin perlu membuat skala prioritas, memecahnya menjadi beberapa bagian adalah cara mudah harus dilakukan pertama kali. Cara ini dapat membantu membuat Anda lebih percaya diri untuk menjalaninya, sehingga Anda dapat mencapai apa yang telah ditetapkan.

Komitmen Pada Resolusi Anda
Sekali Anda menetapkan tujuan, tuliskan yang Anda inginkan. Buat tantangan dan rencanakan hal yang dapat membantu Anda tetap komitmen menjalaninya. Ada pula orang yang menuliskan resolusi mereka lalu menempelnya di tempat yang dapat dilihat setiap hari, atau dapat juga menjadi ‘catatan untuk diri sendiri’ yang ditaruh di dompet.

Rencanakan Untuk Menerapkan Kebiasaan Baru Pada Tempatnya
Sekali Anda menetapkan komitmen, Anda mungkin perlu merencanakan juga bagaimana cara menerapkan kebiasaan baru tersebut dalam prakteknya. Cukup ‘putuskan’ untuk tidak melakukan sesuatu yang sejalan dengan rencana dan mencari tahu hal yang memengaruhi lingkungan Anda untuk berubah. Contohnya, bila Anda ingin mengubah perilaku makan, apakah Anda juga perlu menghapus semua jenis junk food?

Terapkan Kebiasaan Baru dan Beri Penghargaan Pada Diri Anda
Pada poin ini, Anda berusaha mengubah kebiasan lama dengan kebiasaan baru, yang tentunya membutuhkan kesabaran dan banyak latihan. Dari pada terlalu banyak menilai diri sendiri, lebih baik tetap melihat apakah resolusi Anda sesuai dengan jumlah yang ditetapkan. Contohnya, jumlah kalori atau lemak yang dikonsumsi, atau jumlah buah dan sayur yang disajikan setiap hari.

Belajar Dari Kegagalan
Kegagalan tidak dapat dihindari, jadi jangan biarkan diri Anda larut. Anda mungkin mencoba mengubah kebiasaan yang telah dijalani sepanjang hidup Anda. Dari pada membiarkan kegagalan membayangi diri Anda, ada baiknya mencoba mencari tahu apa yang membuat Anda gagal dan cara untuk mencegah kembali gagal dilain waktu.

Rencanakan, Beri Penghargaan, dan Anda Akan Sukses
Bila Anda ingin mengubah kebiasaan masa lalu, mungkin Anda dapat membangun kesuksesan tersebut dengan sedikit mengutak-atik resolusi yang Anda miliki. Bila Anda telah sukses memasak makanan di rumah setiap 2 hari per minggu, maka tantang diri Anda dengan meningkatkan target menjadi tiga atau empat kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk memberi penghargaan pada diri Anda yang telah sukses dan akui prestasi Anda tersebut.

Bangun Lingkungan Yang Mendukung
Teman, keluarga, dan komunitas online dapat menjadi pendukung Anda. Maka biarkan mereka yang ada disekeliling Anda mengetahui bahwa Anda sedang mencoba mencapai tujuan Anda. Ketika semangat lesu, mungkin akan ada seseorang yang membantu Anda kembali menjalani misi Anda. Ketika Anda menawarkan diri untuk mendukung orang lain, secara tidak langsung cara tersebut juga membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Ditulis oleh Susan Bowerman, Director of Nutrition Training di Herbalife. Susan terdaftar sebagai Dietitian and a Board- Certified Specialist pada Sports Dietetics

Sumber : http://www.herbalifehal.com/id-ID/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s